top of page

Perkembangan Media



Kemudian di tahun 2010, muncul media sosial lainnya, Instagram, dengan pendirinya adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger, instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial. Dan pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 Miliar. Ditahun yang sama, 2010, diluncurkan layanan jejaring sosial terbaru dikenal dengan Path, sebagai tempat berbagi foto dan pesan. Hampir sama dengan facebook, tetapi konsep path lebih ramping, minimalis, dan personal. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Jumlah teman yang bisa ditambahkan di Path saja dibatasi maksimal 150 orang dan kemudian diperluas menjadi 500 kontak, jadi isinya harus benar-benar orang yang sangat personal.


Perkembangan media saat ini memberikan berbagai opsi kepada masyarakat untuk menikmati informasi dengan cara yang beragam. Hal ini pula yang mendorong perkembangan sebuah media baru yang dari tahun ke tahun semakin terasa efeknya. Awalnya, kata media sosial bahkan tidak dikenal. Yang dikenal hanyalah jaringan sosial untuk berkomunikasi antar teman kerabat dan keluarga. Kata dari jaringan sosial tersebut diperkenalkan di dunia maya sekitar tahun 1995. Perkembangan jejaring sosial sebagai media komunikasi telah menjalar keseluruh dunia. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh media komunikasi baru ini, pengguna jejaring sosial yang dikenal dengan user dapat menyebarkan maupun mencari pesan atau informasi dengan cepat, memberitakan kegiatan yang dilkuakan sehari-hari kepada orang lain dapat dilakukan dengan mudah, berkumpul dengan teman atau kolega tanpa harus tatap muka hingga mencari teman dan kolega baru melalui situs jejaring sosial tersebut. Kemudahan yang ditawarkan jejaring sosial inilah yang menyebabkan perkembangan penggunaannya meningkat pesat.


Perkembangan pengguna jejaring sosial ini diikuti dengan perkembangan jejaring sosial itu sendiri. Tahun 2002, muncul Friendster sebagai situs anak muda pertama yang yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Kejayaan Friendster dimulai dari penyediaan fasilitas berupa informasi pengguna hingga berita berita dunia yang dapat diulas oleh seluruh pengguna. Tetapi kemudian Friendster digantikan Facebook pada tahun 2004, Mark Zuckerberg, pendiri dari Facebook menawarkan fitur –fitur yang lebih fresh dalam berkomunikasi hingga mendapatkan perhatian dimata dunia, termasuk di Indonesia. Di tahun 2006, diluncurkan Twitter oleh Jack Dorsey, yang berfungsi menyebarkan berita berupa pesan pendek dan tampilannya juga tak kalah menarik. Twitter adalah layanan blog micro yang memungkinkan penggunanya menulis apa yang mereka lakukan atau ingin ditulis dalam teks sepanjang 140 karakter. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial.

bottom of page